Minggu, 20 Januari 2019

Kenapa Mesin Bus Dan Truk Jarang Dimatikan

sewa mobil batu malang

Blogsnesia. Alasan mengapa mesin Bus dan Truk tidak dimatikan bila sedang mengisi solar di pom bensin atau bila sedang berhenti sebentar? Pertanyaan ini sering di tanyakan banyak orang karena seringnya melihat bus dan truk tidak mematikan mesin kendaraanya meski berhenti sampai beberapa lama. Berikut beberapa alasan yang kami rangkum dari beberapa sumber.

Alasan Kenapa Mesin Bus Dan Truk Jarang Dimatikan

mesin bus dan truk jarang dimatikan

1. Untuk kendaraan angkut penumpang seperti bus tidak mematikan mesin selama pengisian solar di spbu karena bila mematikan mesin selama pengisian bahan bakar, juga akan mematikan fungsi pendingin udara yaitu ac kendaraan. Padahal tangki kendaraan yang cukup besar membuat proses pengisian akan lebih lama jika dibandingkan dengan kendaraan kecil, hal ini memungkinkan suhu udara pada ruang kabin penumpang akan naik dan membuat penumpang akan terasa panas dan jika ada pintu kendaraan yang terbuka karena membuat suhu udara luar akan bercampur dan menyebabkan udara pada kabin bus akan lebih meningkat lagi.

2. Kendaraan bermesin diesel yang membutuhkan solar sebagai bahan bakar penggerak mesinnya, sering dianggap tidak begitu berbahaya bila dibandingkan bahan bakar bensin yang mudah terbakar bila terkena percikan api. Memang sih oktan solar yang jauh lebih rendah daripada bakar bakar setara premium ini akan mudah terbakar pada suhu tinggi atau tekanan tinggi. Jadi karena faktor bahan bakar solar inilah yang membuat supir terkadang tidak mematikan mesin pada saat pengisian bbm. Padahal tertera jelas himbauan mematikan mesin kendaraan selagi proses pengisian bahan bakar pada spbu.

3.

Kenapa Mesin Bus Dan Truk Jarang Dimatikan Rating: 4.5 Diposkan Oleh: JT Links
Terima kasih sudah berkomentar
 
close