Senin, 04 Maret 2019

Hati Hati Dalam Memilih Suatu Usaha Atau Bisnis

sewa mobil batu malang

Blogsnesia. Ya, berhati hati dalam memilih suatu usaha atau bisnis memang sangatlah penting sekali. Jangan sampai kita memilih suatu usaha yang pasarnya sudah sesak dan akan mengalami stagnan atau berhenti. Memang peluang bisnis atau usaha masih terbuka lebar dari skala kecil sampai skala besar, akan tetapi pemilihan usaha yang tidak sesuai dengan basic kita akan membawa dampak buruk bahkan kebangkrutan dikemudian hari.

Peluang Bisnis yang bagus adalah peluang bisnis yang benar - benar mampu kita jalankan dengan jangka prospek yang panjang dan mampu bersaing dengan kompetitor lainnya yang sudah ada. Banyak orang yang mempunyai banyak uang tetapi bingung uang tersebut mau dipakai untuk usaha atau bisnis yang bisa menghasilkan uang tiap bulannya.

Mengatur karyawan, mengatur perkembangan bisnis, bagaimana menjaring konsumen sampai dengan bagaimana mengatur keuangan yang masuk dan yang keluar memang harus benar - benar di manage supaya tidak mengalami devisit atau bahkan mengalami kebangkrutan. Berikut ini tips supaya Anda tidak menjadi orang yang keliru dalam memilih suatu usaha atau bisnis.


Tips Memilih Usaha atau Bisnis

1. Bisnis Sesuai Dengan Keahlian

Pilihlah salah satu bidang usaha yang benar - benar sesuai dengan skill atau basic atau keahlian kita, karena tak mungkin suatu usaha akan berjalan lancar bila yang menjalankan usaha tersebut tidak menguasai tentang usaha tersebut.

Bila kita menguasai akan internet, pastikan kita harus bisa memasarkan produk usaha Anda melalui internet

2. Jeli Melihat Keadaan Daerah

Membuka usaha offline seperti membuka bengkel mobil dan motor, membuka usaha toko bangunan, berjualan pupuk dan obat tanaman, membuka bengkel las, membuka usaha oleh oleh atau membuka aneka es dan minuman haruslah benar - benar survei dahulu akan kebutuhan dan masalah di daerah tersebut.

Misalnya kita berada dikawasan pedesaan, berjualan aneka pupuk pastinya akan lebih baik daripada kita membuka usaha oleh - oleh. Sebaliknya, jika kita berada pada kawasan tempat wisata alahkah lebih baik kita membuka toko oleh - oleh daripada kita berjualan aneka pupuk dan obat tanaman.

3. Terburu Buru Memilih Suatu Usaha

Jangan sampai kita memilih usaha karena ikut - ikutan dengan teman atau rekan yang sudah sukses dalam suatu usaha.

Contoh :
Misalnya teman kita mempunyai usaha bengkel mobil dikawasan perkampungan dan Anda melihat banyak pelanggan yang datang ke temen kita untuk menggunakan jasa dia memperbaiki kendaraannya.

Lalu Anda juga hidup dikawasan perkampungan seperti rekan Anda dan Anda memilih membuka usaha bengkel mobil juga berharap akan berhasil seperti usaha bengkel mobil milik rekan Anda.

Lalu dalam kenyataannya, usaha bengkel mobil Anda sepi pengunjung dan tak sesuai dengan harapan Anda.

Hal yang harus diketahui :
1. Ternyata Anda belum menguasai pasar dan sedangkan teman Anda sudah menguasai pasar. Teman Anda mempunyai banyak rekan dari banyak pengusaha rental mobil sedangkan Anda tak mempunyai sedikitpun rekan pengusaha rental.

2. Anda hanya mengandalkan karyawan untuk memperbaiki kerusakan mobil sedangkan teman Anda selalu mengecek pekerjaan karyawannya dalam memperbaiki kendaraan. Ini juga penting dalam menjaga hubungan baik dengan konsumen.

3. Teman Anda bila lagi sepi, dia menjaga hubungan kepada rekan dengan selalu berkomunikasi dengan pelanggan. Tetapi Anda tidak pernah melakukan pendekatan dengan pelanggan dan menjaga komunikasi.

Beberapa hal diatas adalah salah satu contoh beberapa hal penting dalam memilih usaha.

4. Menyesuaikan Budget atau Modal

Jangan terburu - buru menggelontorkan semua keuangan Anda kedalam bisnis yang baru Anda tekuni, bisa saja malah akan menghabiskan tabungan Anda. Lihat dahulu apakah usaha Anda sudah berjalan dengan baik atau belum dan tak harus memiliki tempat sendiri, menyewa tempat juga salah satu pilihan baik untuk awal suatu pembukaan usaha. Karena dengan menyewa tempat pastinya cost dan modal kita tidak banyak

5. Pasar Bisnis Yang Masih Luas

Salah satu yang penting dalam bisnis adalah pasar, jika menguasai pasar kita akan mudah mengembangkan bisnis kita. Tak mungkin suatu usaha akan berkembang bila kita tak menguasai pasar sama sekali.

Jangan sampai memilih bisnis yang pasarnya sudah semakin menurun dan kompetitornya sudah sangat banyak. Pemilihan lokasi memang sangatlah penting untuk bisa melihat pasar yang akan kita hadapi nantinya.

Beberapa hal diatas semoga bisa membantu dalam memilih suatu usaha atau bisnis yang bisa menjadi aset berkesinambungan dan berkembang.

Hati Hati Dalam Memilih Suatu Usaha Atau Bisnis Rating: 4.5 Diposkan Oleh: JT Links
Terima kasih sudah berkomentar
 
close