Selasa, 05 Maret 2019

Penyebab Mesin Mobil Overheat Dan Solusinya

sewa mobil batu malang

BlogsnesiaMesin Mobil Overheat dan Solusi. Untuk mengetahui penyebab mesin mobil overheat memang haruslah kita cek beberapa penyebabnya, karena ada beberapa faktor yang menyebabkan temperatur mobil ini meningkat. Apa kemungkinan ada komponen kendaraan yang mengalami kebocoran atau memang ada komponen kendaraan yang sudah waktunya diganti.

Pada mesin kendaraan seperti mobil menggunakan cairan sebagai cara untuk mendinginkan mesin kendaraan, cairan ini dipompa dan dialirkan pada mesin yang kemudian didinginkan di onderdil kendaraan yang bernama radiator. Radiator sengaja dipasang pada depan kendaraan untuk dapat menerima angin sewaktu kendaraan berjalan dan dapat membuang panas melalui radiator tersebut.

Dahulu cairan di dalam radiator ini menggunakan air murni sebagai sarana untuk mendinginkan mesin kendaraan, untuk mesin baru memang sudah menggunakan cooler sebagai pengganti air radiator.

mesin mobil overheat

Penyebab Mesin Mobil Overheat

Berikut beberapa kemungkinan penyebab dari mesin overheat.

1. Kerusakan Pada Radiator

Ini adalah pokok utama dari pendingin pada mesin berpendingin cairan, radiator yang berisi cairan pendingin yaitu air pada mobil tahun lama dan cooler untuk mobil baru ini berperan penting menstabilkan suhu pada mesin kendaraan.

Kerusakan pada radiator misalnya kebocoran pastinya akan mengurangi volume dari cairan pendingin tersebut, berkurangnya volume cairan tersebut akan berpengaruh besar yang menyebabkan meningkatnya suhu mesin kendaraan bahkan bisa menyebabkan panas berlebih atau overheat.

2. Thermostat Tak Berfungsi

Thermostat berfungsi mengontrol panas pada cairan pendingin, bila panas meningkat diatas batas ambang normal. Kipas pendingin radiator akan berputar untuk mendinginkan radiator dan suhu pada cairan pendingin juga akan ikut menurun, dengan begitu suhu pada mesin juga akan ikut menurun sampai kembali pada suhu normal.

3. Oli Kendaraan Tak Sesuai

Fungsi oli kendaraan selain berfungsi sebagai pelumas kendaraan juga sebagai pendingin kendaraan.

Penyebab Mesin Mobil Overheat Dan Solusinya Rating: 4.5 Diposkan Oleh: JT Links
Terima kasih sudah berkomentar
 
close